Diposkan pada Hari Lingkungan

World Earth Day 2017

Apa sih World Earth Day itu? 

Hari Bumi Sedunia atau World Earth Day adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran an apresiasi terhadap planet yang ditinggali oleh manusia, yaitu bumi. Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati oleh para aktifis peduli lingkungan di seluruh dunia. Saat ini berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup, juga mengakibatkan bencana-bencana alam (longsor, banjir, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan). Beberapa kejadian tersebut dikarenakan oleh kurangnya kesadaran manusia sendiri akan pentingnya lingkungan hidup, menurunnya rasa untuk merawat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, dan perbuatan manusia yang berdampak negatif.

Dalam rangka memperingati World Earth Day pada tahun ini, BSO KMPL FK UNUD bekerjasama dengan Generasi Baru Indonesia Provinsi Bali, dan juga mengajak Teruna Teruni Denpasar dan Sispala dari beberapa SMA Negeri dari Denpasar dan Gianyar untuk ikut serta dalam acara kali ini.

Green Action for Better Future” adalah tema yang diangkat dalam memperingati WEDA 2017. 

Rangkaian acara kali ini adalah penanaman bibit manggrove dan juga sosialisasi mengenai fungsi dari hutan bakau.

Pukul 3 sore para peserta (terdiri dari anggota KMPL FK Unud, GenBi Bali, Sispala SMAN 2 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Sukawati, Stikom Denpasar, Slukat Learning Center dan Teruna Teruni Bali) sudah berkumpul di Taman Hutan Manggrove, bertempat di Jalan By Pass Ngurah Rai km 21, Suwung Kauh, Denpasar (2km sebelum simpangsiur patung Dewa Ruci).  Kegiatan WEDA dibuka dengan doa bersama dan sambutan dari Ketua Panitia WEDA, perwakilan ketua BEM FK Unud dan pembina BSO KMPL, serta dari Bapak Agus Santoso selaku dari tahuran.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian bibit manggrove kepada seluruh peserta dan langsung menuju lokasi untuk penanaman bibit serta bersih hutan Manggrove :)🌿


Wah! Betapa serunya yah kegiatan tanam pohon bersama :):):)
Kegiatan memperingati Hari Bumi ini adalah untuk kembali menimbulkan kesadaran akan masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup. Diharapkan dari kegiatan ini bisa menimbulkan rasa yang semakin cinta akan lingkungan sekitar *hihihi😆

Dan membuat pribadi lepas pribadi menyenangi kegiatan ini karena dilakukan atas dasar kesenangan dan kebersamaan bersama teman-teman. Dari kegiatan ini juga diharapkan bumi akan menjadi terjaga dari kerusakan kerusakan lingkungan yg tidak diinginkan. Perbuatan kecil akan memiliki dampak yang besar 🌱🌲🌳💚

Masih ada satu kegiatan lagi nih temen-temen, yaitu sosialisasi mengenai pentingnya fungsi dari hutan manggrove, dengan pembicaranya adalah Pak Agus Santoso. Dan penutupan acara serta sesi foto bersama sekaligus dilaksanakan seusai sosialisasi.

Seru yah kegiatan WEDA kali ini. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini.

BSO KMPL FK Unud mengucapkan terimakasih yang sebesar2nya kepada kakak kakak dari GenBi Bali yang sudah mau membantu dan menyukseskan serta mengambil bagian dari kegiatan WEDA yang diadakan kali ini, juga kepada Teruna Teruni Denpasar,  Yayasan Slukat Learning Center, adik2 Sispala, dan panitia yang sudah menyelenggarakan acara ini.

#KMPLBISA #GOGREEN #NPWP #NOPLASTICWASTEPLEASE #WORLDEARTHDAY #EARTHDAY2017 #PEDULILINGKUNGAN

Penulis:

Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMPL) merupakan suatu organisasi Probasi yang dibentuk oleh Fakutas Kedokteran pada Desember 2010. bentuk Probasi itu sendiri merupakan organisasi dalam masa percobaan sebelum nantinya menjadi Badan Semi Otonom tingkat Fakultas. Berawal dari melakasanakan berbagai kegiatan bertajuk lingkungan akhirnya kami berani menyebut diri sebagai komunitas yang sangat peduli akan lingkungan. Berbagai kegiatan yang kami laksanakan sebagian besar kami tujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Kedepannya kami sangat ingin menerapkan beberapa perilaku sadar lingkungan seperti membuang sampah, go green lifestyle dan masih banyak lagi yang tentunya akan sangat banyak dapat memberi manfaat bagi kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s