Diposkan pada Aksi Lingkungan KMPL

PELAKSANAAN WORKSHOP BIOPORI 2015 BSO KMPL

Health is something, but without health everything is nothing”. Ungkapan tersebut menggambarkan bahwa kesehatan itu begitu penting dan setiap masyarakat mempunyai hak untuk sehat. WHO mendefinisikan sehat adalah suatu keadaan sempurna baik jasmani, rohani, maupun kesejahteraan sosial seseorang. Menciptakan masyarakat yang sehat tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, tetapi juga harus dibarengi dengan peran serta masyarakat itu sendiri untuk menjaga kesehatannya. Bertolak dari kejadian pada hari jumat lalu tanggal 20 Februari 2015, yakni terjadinya banjir di Kampus Sudirman.

biopori 2

BSO KMPL dengan sigapnya menyusun kegiatan sebagai proker yang akan dijalankan di divisi prodanus yakni mengadakan kegiatan pelatihan berupa workshop kepada para anggota baru BSO KMPL 2014 Fakultas Kedokteran Universiats Udayana agar nantinya mampu mempraktekan di lingkungan sekitar, dapat memanfaatkan lahan losong yang ada yang cocok sebagai lubang resapan air. Kegiatan workshop BIOPORI ini mengambil tema “Penanggulangan Banjir dengan Menyiasati Lingkungan Sekitar” yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015 yang bertempat di RK.3.02 Gedung Barat Fakultas Kedokteran.

mdv b
Suasana saat pemberian materi dari pembicara

Dimana dalam workshop biopori ini acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan 3 Dr.dr.I Made Jawi,M.Kes dan diisi oleh 2 pembicara dalam pemaparan materi mengenai biopori yakni oleh Bapak I Gede Herry Purnama, ST.,MT.,MIDEA sedangkan, pemateri kedua oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup yakni oleh bapak A.A Bagus Sudharsane. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan turun langsung ke lapangan untuk mempraktekan langsung cara pembuatan dan pemeliharaan biopori, dimana jumlah lubang yang akan dilakukan pemeliharaan sebanyak 57 lubang dan 3 lubang lagi dibuat biopori baru yang bertempat di halaman depan gedung pasca sarjana. Kemudian setelah semua pemeliharaan dan pembuatan biopori selesai dilanjutkan dengan pembagian konsumsi dan piagam sebagai peserta kepada anggota BSO KMPL atas partisipasinya.

biopori
Praktek pembuatan lubang biopori

Penulis:

Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMPL) merupakan suatu organisasi Probasi yang dibentuk oleh Fakutas Kedokteran pada Desember 2010. bentuk Probasi itu sendiri merupakan organisasi dalam masa percobaan sebelum nantinya menjadi Badan Semi Otonom tingkat Fakultas. Berawal dari melakasanakan berbagai kegiatan bertajuk lingkungan akhirnya kami berani menyebut diri sebagai komunitas yang sangat peduli akan lingkungan. Berbagai kegiatan yang kami laksanakan sebagian besar kami tujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Kedepannya kami sangat ingin menerapkan beberapa perilaku sadar lingkungan seperti membuang sampah, go green lifestyle dan masih banyak lagi yang tentunya akan sangat banyak dapat memberi manfaat bagi kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s