Diposkan pada Hari Lingkungan

“World Day for Water”

Hari Air Sedunia (Inggris: World Day for Water) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan [1].

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Tak banyak yang tau jika hari ini, tepatnya tanggal 22 Maret selalu diperingati sebagai hari Air sedunia. Peringatan ini ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Inisiatif peringatan ini di umumkan saat Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Tiap tahun, memiliki tema yang berbeda. “Water and Food Security” ( air dan ketahanan pangan ) tema peringatan hari air sedunia pada tahun 2012 ini. Tema ini, melihat realita yang ada saat ini. Kualitas air minum terutama di perkotaan mengalami penurunan. Karena kondisi inilah perlu penanganan yang tepat.

Sungai-sungai banyak sampah, kotor masih dijadikan sarana MCK bagi sebagian penduduk perkotaan.

 GambarGambar

Air Tanah semakin sulit didapat, sumber mata air mengering karena rusaknya hutan. Imbasnya sekarang makin banyak penduduk yang menggunakan air kemasan untuk konsumsi memasak dan minum.

Tugas kita, jagalah sumber air dengan mempertahankan agar air terserap dengan baik ke dalam tanah. Pakailah air dengan hemat, tidak membuang sampah di badan air. Keberhasilan menjaganya tentu dimulai dari diri kita.

Salam Hangat KMPL FK UNUD…!!

Penulis:

Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMPL) merupakan suatu organisasi Probasi yang dibentuk oleh Fakutas Kedokteran pada Desember 2010. bentuk Probasi itu sendiri merupakan organisasi dalam masa percobaan sebelum nantinya menjadi Badan Semi Otonom tingkat Fakultas. Berawal dari melakasanakan berbagai kegiatan bertajuk lingkungan akhirnya kami berani menyebut diri sebagai komunitas yang sangat peduli akan lingkungan. Berbagai kegiatan yang kami laksanakan sebagian besar kami tujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Kedepannya kami sangat ingin menerapkan beberapa perilaku sadar lingkungan seperti membuang sampah, go green lifestyle dan masih banyak lagi yang tentunya akan sangat banyak dapat memberi manfaat bagi kehidupan.

Satu tanggapan untuk ““World Day for Water”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s