Diposkan pada Berita Lingkungan

Bali Gagal Optimalkan Pemanfaatan Air Bersih

Beritabali.com, Renon. Bali dinilai gagal dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan air bersih. Kondisi ini akan membawa Bali dalam ancaman krisis air bersih pada 2015 mendatang. Saat itu Bali akan mengalami kekurangan pasokan air bersih mencapai 1500 liter per detik.

Ketua Pusat Studi Pembangunan Berkelanjutan Universitas Udayana Dr. Dharma Putra menyebutkan krisis air ini terjadi akibat meningkatnya pertumbuhan perumahan dan makin bertambahnya jumlah kamar hotel di Bali. Sedangkan cukup banyak sumber air bersih yang bersumber dari sungai terbuang ke laut, seperti yang terjadi di Tukad Unda dan Tukad Penet

“Coba kita lihat mulai Telaga Waja, Unda, Petanu, Oos, Ayung, Terus Penet, itu semuanya terbuang, yang baru termanfaatkan kan hanya Tukad Badung  dengan Estuaridam. Estuaridam itu saja bisa menyiapkan air yang cukup besar bagi wilayah Nusa Dua, itu kapasitas sebenarnya 900 liter per detik, tetapi karena keterbatasan infrastrukturnya baru hanya menyiapkan 300 an liter per detik,” jelas Dr. Dharma Putra

Dharma Putra merekomendasikan agar pemerintah daerah Bali segera membangun infrastruktur untuk memanfaatkan air sungai yang terbuang. Apalagi dari Tukad Unda Saja saat ini jumlah air yang terbuang mencapai 1800 liter per detik dan dari Sungai atau Tukad Penet mencapai 300 liter perdetik. (mlt)

Penulis:

Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KMPL) merupakan suatu organisasi Probasi yang dibentuk oleh Fakutas Kedokteran pada Desember 2010. bentuk Probasi itu sendiri merupakan organisasi dalam masa percobaan sebelum nantinya menjadi Badan Semi Otonom tingkat Fakultas. Berawal dari melakasanakan berbagai kegiatan bertajuk lingkungan akhirnya kami berani menyebut diri sebagai komunitas yang sangat peduli akan lingkungan. Berbagai kegiatan yang kami laksanakan sebagian besar kami tujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Kedepannya kami sangat ingin menerapkan beberapa perilaku sadar lingkungan seperti membuang sampah, go green lifestyle dan masih banyak lagi yang tentunya akan sangat banyak dapat memberi manfaat bagi kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s